Senin, 22 Oktober 2012

Membuat Tabel Foreign Key di cmd

Diposting oleh dessy setyo di 20.59 2 komentar
Saya mau berbagi lagi nih,barusan saya dapet tugas disuruh membuat tabel foreign key pada cmd (CommandPrompt).
1.Buka cmd
2.Masukkan syntaqnya :
Microsoft Windows [Version 6.1.7600]
Copyright (c) 2009 Microsoft Corporation.  All rights reserved.
C:\Users\Desy>C:
C:\Users\Desy>cd..
C:\Users>cd..
C:\>cd _PHP
C:\_PHP>cd mysql
The system cannot find the path specified.
C:\_PHP>cd xampp
C:\_PHP\xampp>cd mysql
C:\_PHP\xampp\mysql>cd bin
C:\_PHP\xampp\mysql\bin>mysql -u root
Welcome to the MySQL monitor.  Commands end with ; or \g.
Your MySQL connection id is 3
Server version: 5.5.16 MySQL Community Server (GPL)
Copyright (c) 2000, 2011, Oracle and/or its affiliates. All rights reserved.
Oracle is a registered trademark of Oracle Corporation and/or its
affiliates. Other names may be trademarks of their respective
owners.
Type 'help;' or '\h' for help. Type '\c' to clear the current input statement.
mysql> show databases;
+--------------------+
| Database           |
+--------------------+
| information_schema |
| cdcol              |
| dbekskul           |
| dbpegawai          |
| dbpegawai2         |
| dbperusahaan       |
| ekstrakurikuler    |
| mysql              |
| performance_schema |
| phpmyadmin         |
| test               |
| webauth            |
+--------------------+
12 rows in set (0.00 sec)

mysql> use ekstrakurikuler;
Database changed
mysql> show tables;
+---------------------------+
| Tables_in_ekstrakurikuler |
+---------------------------+
| ekskul                    |
| pelatih                   |
| siswa                     |
+---------------------------+
3 rows in set (0.00 sec)


mysql> desc ekskul;
+-----------+-------------+------+-----+---------+-------+
| Field     | Type        | Null | Key | Default | Extra |
+-----------+-------------+------+-----+---------+-------+
| Id_ekskul | varchar(10) | NO   | PRI | NULL    |       |
| Nama      | varchar(30) | YES  |     | NULL    |       |
| Tempat    | varchar(30) | YES  |     | NULL    |       |
| Tanggal   | varchar(10) | YES  |     | NULL    |       |
| Jam       | varchar(20) | YES  |     | NULL    |       |
+-----------+-------------+------+-----+---------+-------+
5 rows in set (0.14 sec)

mysql> create table nilai (
    -> NIS varchar(10) , ID_ekskul varchar(10) , nilai varchar(10),
    -> FOREIGN KEY (NIS) REFERENCES siswa(NIS) ON DELETE CASCADE ON UPDATE CASCADE,
    -> FOREIGN KEY (ID_ekskul) REFERENCES ekskul (Id_ekskul) ON DELETE CASCADE engine   = InnodB;
Query OK, 0 rows affected (0.15 sec)
mysql> desc nilai;
+-----------+-------------+------+-----+---------+-------+
| Field     | Type        | Null | Key | Default | Extra |
+-----------+-------------+------+-----+---------+-------+
| NIS       | varchar(10) | YES  | MUL | NULL    |       |
| ID_ekskul | varchar(10) | YES  | MUL | NULL    |       |
| nilai     | varchar(10) | YES  |     | NULL    |       |
+-----------+-------------+------+-----+---------+-------+
3 rows in set (0.02 sec)

mysql> create table Absensi (
    -> NIS varchar(10) , ID_ekskul varchar(10) , ket varchar(30),
    -> FOREIGN KEY (NIS) REFERENCES siswa(NIS) ON DELETE CASCADE ON UPDATE CASCADE,
    -> FOREIGN KEY (ID_ekskul) REFERENCES ekskul (Id_ekskul) ON DELETE CASCADE ) engine = InnodB;
Query OK, 0 rows affected (0.09 sec)
mysql> desc Absensi;
+-----------+-------------+------+-----+---------+-------+
| Field     | Type        | Null | Key | Default | Extra |
+-----------+-------------+------+-----+---------+-------+
| NIS       | varchar(10) | YES  | MUL | NULL    |       |
| ID_ekskul | varchar(10) | YES  | MUL | NULL    |       |
| ket       | varchar(30) | YES  |     | NULL    |       |
+-----------+-------------+------+-----+---------+-------+
3 rows in set (0.03 sec)

mysql> desc pelatih;
+--------------+-------------+------+-----+---------+-------+
| Field        | Type        | Null | Key | Default | Extra |
+--------------+-------------+------+-----+---------+-------+
| ID_pelatih   | varchar(10) | NO   | PRI | NULL    |       |
| No_kurikuler | varchar(10) | YES  |     | NULL    |       |
+--------------+-------------+------+-----+---------+-------+
2 rows in set (0.05 sec)
   
mysql> create table Jadwal (
    -> ID_pelatih varchar(10) , ID_ekskul varchar(10) , Tanggal varchar(10),
    -> FOREIGN KEY (ID_pelatih) REFERENCES pelatih(ID_pelatih) ON DELETE CASCADE ON UPDATE CASCADE,
    -> FOREIGN KEY (ID_ekskul) REFERENCES ekskul (Id_ekskul) ON DELETE CASCADE ) engine = InnodB;
Query OK, 0 rows affected (0.10 sec)
mysql> desc Jadwal;
+------------+-------------+------+-----+---------+-------+
| Field      | Type        | Null | Key | Default | Extra |
+------------+-------------+------+-----+---------+-------+
| ID_pelatih | varchar(10) | YES  | MUL | NULL    |       |
| ID_ekskul  | varchar(10) | YES  | MUL | NULL    |       |
| Tanggal    | varchar(10) | YES  |     | NULL    |       |
+------------+-------------+------+-----+---------+-------+
3 rows in set (0.02 sec)
mysql> Bye
Ctrl-C -- exit!
C:\_PHP\xampp\mysql\bin>

Relational - Database

Diposting oleh dessy setyo di 05.31 0 komentar
Halo , kita ketemu lagi?Aku abis dapet tugas nih,pelajaran Basis Data atau Data Base.Pelajarin yuk ?

1.Pertama,kalian tulis dulu di notepad
CREATE TABLE siswa(
NIS varchar(10) PRIMARY KEY,
Nama Varchar (30),
Kelas varchar (20),
No_Telp varchar (30)
)engine = InnodB;
CREATE TABLE ekskul(
Id_ekskul varchar(10) PRIMARY KEY,
Nama varchar(30),
Tempat varchar(30),
Hari varchar (20),
Jam varchar (20)
)engine = Innodb;
CREATE TABLE pelatih(
ID_pelatih varchar(10) PRIMARY KEY,
No_kurikuler varchar(10),
Tanggal varchar(10)
)engine = InnodB;

2.Simpan dan masukkan ke folder bernama Latihan , beri nama latihan.sql
3.Buka cmd cari di All Programs padaWindows

Rabu, 10 Oktober 2012

Keluarga Gue-9B Tercinta :D

Diposting oleh dessy setyo di 08.34 0 komentar
Banyak yang bilang,detik-detik akhir kita di SMP itu adalah hal yang menyedihkan.Hal yang membuat kita akan merasa kehilangan sesuatu yang berarti di kehidupan kita.Yap , itu memang benar!Entah harus berapa cerita lagi yang harus aku bagi dengan kalian tentang SMP.Pasti banyak yang bertanya-tanya,napa kok aku selalu cerita tentang SMP?.Itu karna mereka adalah suatu hal yang pernah aku miliki :).Di akhir masa ku di SMP,aku masuk ke dalam kelas yang penuh dengan kegaduhan.Banyak anak yang usil,megelin,nyusahin dan segalanya.Tapi disitu aku punya wali kelas yang sangat sabar dan baik dengan muridnya yang seperti itu,seperti kita.Banyak sekali kenangan yang tersimpan dikelas itu.Mulai dari pertikaian,cinlok dan persahabatan.Mereka adalah keluargaku yang terakhir di masa itu.
Hal yang masih teringat di benakku adalah ketika temanku suka dengan sahabatku.Hahahahah . . .Saking suka nya sama sahabatku itu,dia rela nglakuin  apa aja demi sahabatku yang keras kepala itu.Dan sampai akhirnya perjuangan dia tak sia sia dan membuahkan hasil.Itu yang pertama.
Yang kedua,ketika wali kelas aku lagi ngajar Matematika dengan gayanya yang lucu dan membuat kita tertawa sampai lupa dengan tugas apa yang akan kita kerjakan.Sampai lupa,waktu kita hanya sebentar untuk mempelajari materi itu.
Yang ketiga,saat guruku yang paling cantik itu mengajar pelajaran Biologi.Sebut saja beliau itu Bu Yuli.Ada salah satu temenku yang nurut dengan beliau karna dia takut diaduin sama ayahnya.Setiap dia nakal,Bu Yuli pasti selalu bilang "Kalo kamu nakal ae,tak telfon o ayahmu lo ya" sejenak anak itu langsung terkejut dan mengalah.Disaat itulah tawa mereka ku dengar lagi.
Yang keempat,saat bimbel pagi udah masuk,dua temanku cowok tiba-tiba dateng dengan gaya yang tak berdosa.Setiap Bu Yuli bertanya "Kok datengnya telat?" dengan kompak mereka menjawab "Macet bu,karna ada kecelakaan barusan" semua tertawa.Keesokan harinya mereka telat lagi dan memberikan alasan yang sama pada Bu Yuli,sampai Bu Yuli hafal alasan mereka.
Yang kelima,waktu kita bimbel siang untuk persiapan UNAS.Saat itu,aku sedang bersama dia.Dia adalah seseorang yang pernah istimewa dalam hidupku.Dia yang membuatku bangkit dan tersenyum saat aku mulai pasrah dan bingung mau ngapain lagi buat ngadepin UNAS.Dia yang selalu mengingatkan aku,kalau hidup itu tak boleh dibuat untuk bersusah-susah diri dan menjadikan beban.Tapi itu dulu.Saat kita bersama.Sekarang, aku dia dan mereka tlah berpisah.
Mungkin,bagi orang-orang diluar sana masa itu adalah masa-masa yang nggak penting.Masalah yang seharusnya dilupakan dan dikubur.Tapi bagi aku tidak.Karna masa itu adalah masa yang sangat berarti dikehidupanku.
Teringat saat aku dia dan mereka terakhir bersama.Di acara perpisahan kita.Kita berfoto-foto ria.Habiskan waktu bersama dan menganggap bahwa ini bukan sebuah perpisahan,namun pertemuan yang tertunda.
Kini yang tersisa hanya foto-foto usang yang membuatku semakin rindu dengan tawa mereka.Dengan kenakalan mereka.Kira kira,gimana ya dengan mereka?Perubahan apa yang akan terjadi pada mereka setelah kita berpisah?.
9B Tercinta adalah kelas yang memberiku banyak kejutan.Tangis dan tawa pernah kita lalui bersama.9B selalu dihati :).

-For 9B Tercinta :)-

Database Management System

Diposting oleh dessy setyo di 05.41 0 komentar
Database Management System
Database Management System merupakan  Sitem Aplikasi  yang dirancang khusus yang memungkinkan pengguna  dapat , mengakses,memanfaatkan,mengelola,basis data dan mengorganisasikan data secara cepat,aman,dan efisien

Relational Database Management System (RDBMS)
Sebuah system menajemen basis data  relasional atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Relational Database Management System (RDBMS) adalah sebuah program komputer (seperangkat program komputer) yang didesain untuk mengatur sekumplan data yang disimpan  secara struktur (database) , dan melakukan operasi-operasi terhadap data atas permintaan penggunanya.

Istilah dalam Basis Data
Entitas adalah suatu objek yang informasinya direkam.Objek tersebut dapat berupa suatu kejadian,konsep,orang,tempat yang dapat dibedakan dari objek lainnya.Contoh:
Orang :Mahasiswa,dosen,pegawai,konsumen.
Tempat : Gedung,Ruang,Kelas
Barang : Buku,pakaian
 >Atribut/field merupakan properti untuk mewakilin suatu entitas misalnya nama,nomor induk mahasiswa,no KTP,alamat dll.
Dari karakteristiknya,atribut dibagi menjadi :
Atribut Sederhana :  atribut yang nilai nilainya (data value) sudah tidak dapat diuraikan lagi.
Atribut Komposit :  atribut yang nilai nilainya (data value) sudah dapat diuraikan lagi.
Atribut bernilai tunggal : atribut yang nilai nilainya (data value) hanya memiiki satu nilai dalam setiap barisnya atau/recordnya.
Atribut bernilai banyak : atribut yang nilai nilainya (data value) mengandung lebih dari satu nilai(pada jenis yang sama)
Atribut harus punya nilai : Atribut yang nilainya tidak boleh kosong (null)
Atribut turunan : atribut yang nilainya diperoleh dari hasil pengolahan atribut lain dalam satu tabel/tabel lain
 >Data Value adalah nilai data aktual yang disimpan pada tiap atribut.
 >Ketergantungan Fungsional


Jumat, 05 Oktober 2012

Putih Biru (SMP)

Diposting oleh dessy setyo di 07.37 0 komentar
Mau curhat lagi nih :D , Dengerin ya :D
Masa putih biru atau masa SMP adalah masa dimana aku mulai mencari jati diri.Masih inget banget pertama kali orang yang aku kenal di SMP itu siapa aja?*Atik Saputri yah , itu dia.Dia adalah orang pertama yang mau ngerti dan ngenal aku.Bahkan dia dalah sahabat aku sejak kita kelas 1 SMP dulu atau lebih dikenal dengan kelas 7.Awalnya,kita berkenalan terus kita maen bareng,cerita bareng,nakal bareng.Lalu aku mengenal banyak teman lagi disana
Waktu aku kelas 2 atau kelas 8 aku mulai mendapatkan sahabat yang lebih banyak lagi.Apalagi waktu aku masuk kelas 8D.Wahhh , seru deh.Sebut saja mereka itu Vero,Ani,Bela,Ola,Revvy,Fitri,Eka,Ida,Dita,Shinta, dan Agustia.Mereka adalah sahabatku semenjak kita kelas 8.Mereka anaknya seru seru banget lo :D.Meskipun mereka golongan orang pinter,tapi mereka nggak pernah mandang orang dari segi sosial ataupun fisiknya.
Terus,kelas 9nya aku masuk kelas 9B.Disitu aku mulai lebih merasakan betapa berartinya mereka buat aku.Awalnya yang aku rasakan hanya kesal kesal dan kesal.Karna dikelas itu aku selalu dibuat marah sama mereka :3.Bagi mereka,tak melihatku marah sehari itu terasa aneh.Semenjak kelas 9 itu aku lebih banyak punya teman lagi.Sebut saja mereka Fabian,Rif'an,Hendy,Rama,Aldino,Rahmat,Jophie dan semua teman kelas ku di 9B.Dikelas 9B itu,aku hanya bisa mengenal mereka tak sampai 1 taun.Dikelas itu aku punya wali kelas namanya pak Sukarno.Beliau orangnya lucu banget,seru banget.Beliau ini seperti bapak kita.Bapak 9B.Kita sangat sayang sama beliau.Semenjak UNAS kita terpisah.Jarang sekali kita bisa merasakan bersama sama lagi dalam satu kelas.Nyanyi bareng,saling ejek ejek an, bercanda gurau bareng.Nggak kalah seru deh kelas yang ini sama kelas yang sebelum e :D.Tak jarang dalam persahabatan kita terjadi perselisihan dan permusuhan.Namun akhirnya kita bisa bareng bareng lagi.Karna kita tau,kita saling marah itu karna kita saling MENYAYANGI satu sama lain.
Pas kita udah lulus,kita pun mulai merasa kehilangan satu sama lain.Sedih . ..  itulah yang kita rasa in..Sekarang dan semenjak itu,aku tak lagi mendengar suara mereka bernyanyi dan berteriak.Tak lagi melihat keusilan mereka pada guru guru di sekolah itu.Tak ada lagi kegokilan Rahmat CS.Tak ada lagi sifat kekanak kanak an mereka.Kini,kita mulai merangkai MIMPI untuk masa depan kita.
MBR (Melbu Bareng Metu Bareng) adalah semboyan dan nama komunitas kita.Yang artinya,dalam satu angkatan ini kita harus bisa LULUS bareng karna kita bisa MASUK di sekolah itu secara bersama.
.
Perpisahan bukanlah akhir dari segalanya bukan?

-SALAM RINDU BUAT MEREKA :)-

Belajar Basis Data

Diposting oleh dessy setyo di 03.48 0 komentar
PENGERTIAN BASIS DATA

Basis Data atau Database adalah kumpulan data berelasi yang disusun,diorganisasikan dan disimpan secara sistematik dalam media simpan komputer mengacu kepada metode-metode tertentu sedemikian rupa sehingga dapat diakses secara cepat dan mudah menggunakan program/aplikasi komputer untuk memperoleh data dari basis data tersebut.


OBJEKTIVITAS DAN KEUNTUNGAN BASIS DATA

1.Objektivitas Basis Data meliputi:
     a.Accuracy(Keakuratan)
     b.Availability(Ketersediaan)
     c.Completeness(Kelengkapan)
     d.Sped(Kecepatan dan Kemudahan)
     e.Space(Efisiensi Ruang Penyimpanan)
     f.Security(Keamanan)
     g.Sharability(Kebersamaan Pemakaian)

2.Keuntungan Basis Data:
     a.Data dapat digunakan bersama
     b.Redudansi atau duplikasi dapat dikurangi
     c.Inkosintesi data dapat dihindari
     d.Dukungan transaksi dapat diberikan
     e.Integitas dapat terpelihara
     f.Keamanan dapat dilaksanakan dan di tingkatkan
     g.Keseimbangan konflik kebutuhan dapat terkendali
     h.Standardisasi dapat dilaksanakan dan ditingkatkan.


MESIN BASIS DATA

Istilah lain dari mesin basis data adalah Database Server,dalam pengartiannya istilah ini adalah perangkat lunak yang memberikan pelayanan basis data kepada perangkat lunak lainnya atau komputer pada suatu jaringan komputer atau sering disebut dengan client-server

Rabu, 03 Oktober 2012

Kerinduanku dengan Mereka :)

Diposting oleh dessy setyo di 06.49 0 komentar
Saat aku lagi melihat bintang dan bulan lewat jendela,tiba tiba saja aku dikejutkan dengan getaran hp ku yang ternyata di inbox ku terdapat SMS yang masuk.WOW ! Aku langsung terkejut dan girang saat itu.Dengan kilatnya aku langsung membalas SMS itu.
"Dessssssssssiiiiiiiii" katanya panjang memanggilku
Hatiku langsung girang.Rasanya itu . . .  seperti ada sayap yang langsung membawa ku terbang  kilat ke langit yang biru :D *alay ya :D.Setelah berbulan bulan dia ninggalin aku terus,berhari hari dia tak ada kabar,tiba-tiba dia memanggilku dengan nada yang tinggi.Setelah panggilan itu,akupun membalasnya dengan canda gurauan yang biasa aku lakukan ke dia.Beda sih emang keadaannya dengan dulu.Mungkin,karna kita udah gede' kaliknya :3.
Saling mengejek,menasehati,dan senyuman itu yang selalu kita lakukan saat kita bersama sama meskipun hanya sekedar lewat SMS.Jarak yang jauh membuat kita jarang ketemu dan bergurau seperti dulu lagi :3.
Kalau inget dulu saat masa masa putih biru,rasanya itu kesel banget punya temen kayak dia dan mereka.Satu kelas lagi :3.Pengen banget rasanya aku pisah dari mereka.Tapi akhirnya,aku pun merindukan mereka.Merindukan dimana saat kita bersendau gurau di kelas,suasana kelas yang ramai tak terkendalikan,omelan guru guru SMP,jailnya mereka di kelas,semuanya deh :D.
Sebenarnya,aku nggak nyangka kalau aku,dia dan mereka akan terpisah seperti ini.Apalagi dengan dia,itu rasanya seperti mimpi buruk yang benar benar buruk *alay lagi deh :D.Semenjak dia pergi,aku hanya bisa bertemu dengannya hanya pada saat saat tertentu.Kini,nggak kerasa juga,kita udah pisah satu tahun lebih.Kira kira,kalau aku,dia dan mereka bertemu lagi jadinya entar gimana ya?Pasti seru deh.Tapi,apa mungkin mereka masi bersikap kayak anak SMP dulu?Atau udah berubah seperti anak SMK/SMA pada umumnya?.Liat aja entar :D
Setiap aku ngerasa kangen dengan dia dan mereka,aku hanya bisa melihat album foto dan mendengarkan lagu lagu yang pernah kita nyayiin bareng bareng.
Sekarangpun,udah nggak ada lagi antar cewek beradu mulut hanya karna cowok.Tak ada lagi cowok yang berebutan minuman yang hanya seplastik.Tak ada lagi cewek yang suka macak.Tak ada lagi tangan tangan usil yang menjailiku seperti dulu.Bahkan,aku udah nggak pernah lagi denger teriakan guru guru karna kenakalan kita.
Sekarang,yang ada di fikiran kita hanya gimana caranya kita bisa meraih cita cita kita,berusaha menjadi yang TERBAIK bukan menjadi yang UTAMA.Semoga saja,kita bisa ketemu dengan keadaan yang benar benar membahagiakan :).
Tetap SEMANGAT dan berubah menjadi DEWASA lagi :)

-MISS YOU FRIENDS-

Selasa, 02 Oktober 2012

Konflik Sosial

Diposting oleh dessy setyo di 08.20 0 komentar
PENGERTIAN KONFLIK SOSIAL

Konflik berasal dari kata Latin configere yang berarti saling memukul.Secara sosiologi,konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tak berdaya.Secara umum,konflik yaitu suatu bentuk perbedaan atau pertentangan ide,pendapat,faham dan kepentingan diantara dua pihak atau lebih.

 Kartono dan Gulo (1987)
Konflik berarti ketidaksepakatan dalam satu pendapat emosi dan tindakan dengan orang lain.


White&Berdnar
Konflik sebagai interaksi antar orang-orang atau kelompok yang sealin bertentangan dan mengganggu dalam mencapai tujuan.

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KONFLIK
Menurut Leopold Von Weise dan Howard Becker,faktor-faktor penyebab terjadinya konflik,yaitu:
1.Perbedaan Individu
2.Perbedaan latar belakang kebudayaan
3.Perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok
4.Perubahan-perubahan nilai yang cepat dan mendadak dalam masyarakat

JENIS-JENIS KONFLIK SOSIAL
Menurut Soerjono Soekanto,jenis-jenis konflik sosial adalah:
1.Konflik Pribadi
   Konflik yang terjadi antar individu dengan individu yang lain.
2.Konflik resial
   Konflik yang terjadi karena perbedaan ras,suku bangsa,kebudayaan .
3.Konflik antar kelas
   Konflik yang terjadi karena pertentangan antar kelas sosial ats dan bawah.
4.Konflik Politik
5.Konflik agama
6.Konflik Internasional

Dilihat dari materinya,Soetopo jenis konflik dibagi jadi empat:
1.Konflik tujuan
2.Konflik peranan
3.Konflik nilai
4.Konflik kebijakan

Peluang Usaha

Diposting oleh dessy setyo di 05.29 0 komentar
Mengidentifikasi Peluang Usaha dan Resiko Usaha

Mengidentifikasi peluang usaha dapat dilakukan dengan mengamati bidang hasil usaha poko,yaitu kedudukan pasar,profitabilitas,sumber daya manusia,keuangan,sarana keuangan,tanggung jawab sosial dan pengembangan usaha.Dengan kata lain,mengidentifikasi peluang usaha dapat dilakukan dengan cara :
1.Belajar ilmu manajemen usaha
2.Meminta jasa konsultan manajemen
3.Meminta jasa keluarga dan kenalan yang pintar dalam usaha

 

Desi Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review