Senin, 23 Juli 2012

Java

Diposting oleh dessy setyo di 02.38
Sejarah Java

 Bahasa pemrograman Java lahir dari The Green Project yang berjalan awal tahun 1991 sampai dengan 1992.Java diciptakan oleh suatu tim yang dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling dalam suatu proyek dari Sun Microsystem yang memiliki kode Green dengan tujuan untuk menghasilkan bahasa komputer sederhana yang dapat dijalankan di peralatan sederhana dan tidak terikat pada arsitektur tertentu. Mulanya disebut OAK, tetapi OAK sendiri merupakan nama dari bahasa pemrograman komputer yang sudah ada. Maka Sun mengan Teknologi Jaubahnya menjadi Java.
    Sun merilis versi awal Java secara resmi pada awal tahun 1996 yang kemudian terus berkembang hingga muncul JDK 1.1 kemudian JDK 1.2, yang mulai disebut sevagai versi Java2 karena banyak mengandung peningkatan dan perbaikan. Perubahan utama adalah dengan adanya Swing yang merupakan teknologi GUI(Graphical User Interface) yang mampu menghasilkan Window yang portabel. Dan pada tahun 1998-1999 lahirlah teknologi J2EE(Java 2 Enterprize Edition), yang berbasis J2SE(Java 2 Standart Edition) yang diawali dengan Servlet dan EJB kemudian diikuti JSP(Java Server Page). Java menjadi lebih cepat populer di lingkungan Server Side dikarenakan kelebihannya di lingkungan Network dan terdistribusi serta kemampuan multithreading. Sedangkan J2ME(Java 2 Micro Edition) dapat menghasilkan aplikasi mobile atau Handphone baik games maupun Software yang dapat dijalankan di peralatan Handphone seperti Symbian dan Java.

Perkembangan Teknologi Java

       Langkah pertama yang diambil oleh Sun Microsystem adalah dengan membuat JVM (Java Virtual Machine) yang kemudian diimplementasikan dalam bentuk JRE (Java Runtime Environment). JVM adalah lingkungan tempat eksekusi program Java berlangsung dimana para objek saling berinteraksi satu dengan yang lainnya. Virtual Machine inilah yang menyebabkan Java mempunyai kemampuan penanganan memori yang lebih baik, keamanan yang lebih tinggi serta portabilitas yang besar.
     Sun juga meluncurkan SDK (Standard Development Kit) yang berisi kakas dan API untuk membuat program aplikasi berbasis Java. Sekarang ini, Sun Microsystem telah memperkenalkan Java 2. Java 2 ini dimulai ketika Java telah mencapai versi Platform Java 2 terbagi atas :
  • · Enterprise Java (J2EE) untuk aplikasi berbasis web, aplikasi sistem tersebar dengan beraneka ragam klien dengan kompleksitas yang tinggi. Merupakan superset dari Standar Java.
  • · Standar Java (J2SE), ini adalah yang biasa kita kenal sebagai bahasa Java. Kategori ini digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasiaplikasi di PC. Apl.
  • · Micro Java (J2ME) merupakan subset dari J2SE dan salah satu aplikasinya yang banyak dipakai adalah untuk wireless device / mobile device.
      

0 komentar:

Posting Komentar

 

Desi Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review