Mengidentifikasi Peluang Usaha dan Resiko Usaha
Mengidentifikasi peluang usaha dapat dilakukan dengan mengamati bidang hasil usaha poko,yaitu kedudukan pasar,profitabilitas,sumber daya manusia,keuangan,sarana keuangan,tanggung jawab sosial dan pengembangan usaha.Dengan kata lain,mengidentifikasi peluang usaha dapat dilakukan dengan cara :
1.Belajar ilmu manajemen usaha
2.Meminta jasa konsultan manajemen
3.Meminta jasa keluarga dan kenalan yang pintar dalam usaha
Setelah peluang teridentifikasi,wirausaha mulai menganalisa semua sumber-sumber peluang yang ada,yaitu:
1.Peluang usaha yang didasarkan pada jenis produk
Dalam menciptakan produk yang akan dipasarkan,wirausaha dapat mengklarifikasi jenis produk menurut tingkatannya,yaitu:
a.Produk primer,yaitu produk yang mengacu pada penggalian sumber daya alam.
b.Produk sekunder,yaitu produk yang mengacu pada pengelolahan dan pemrosesan bahan baku menjadi barang jadi.
c.Produk tersier,yaitu produk yang mengacu pada pelayanan jasa.
2.Peluang usaha yang didasarkan pada jasa
a.Financial service(perbaikan,asuransi,penanaman modal,dsb)
b.Public utility(wartel,air minum,transportasi,dsb)
c.Entertainment(bioskop,taman hiburan,kebun binatang,dsb)
d,Hotel service(penginapan,bungalaw,asrama,dsb)
3.Peluang usaha yang didasarkan pada minat dan daya beli konsumen
Kegiatan ini perlu dilakukan untuk mengenali dan mengetahui kelemahan usaha,menguji strategi alternatif,strategi penjualan,bauran produk,modal produk,seta harganya.Berikut ini beberapa pertanyaan yang dapatmembantu wirausahawan dalam memanfaatkan peluang usaha berdasarkan minat dan daya beli konsumen.
A).Apakah produk yang dibuat pleh wirausahawan terdapat dalam suatu industri yang berhasil dan berkembang pesat?
B).Apakah minat dan permintaan konsumen terhadap produk di masa depan akan berkembang pesat?
C).Bagaimana cara wirausahawan memproses produk agar sesuai dengan minat dan daya beli konsumen?
D).Apa kelemahan khusus dari produk yang dibuat?
E).Sampai dimana sumbangan pemasaran terhadap keberhasilan pembuatan produk berdasarkan minat daya beli konsumen?
F).Bagaimana dalam usaha wirausahawan dalam meluaskan pemasaran dan pendistribusian produk?
G).Dalam hal apakah produk bisa serupa/berbeda dengan produk buatan pesaing?
H).Bagaimana cara mendesain model produk yang akan dibuat wirausahawan?
Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengelola usaha:
1.Strategi untuk menangkap peluang usaha
Strategi pemanfaatan dapat dilakukan dengan integrasi vertikal,menambah kapasitas,memasuki bisnis baru.
2.Informasi peluang usaha
3.Kemampuan mengambil resiko dalam peluang usaha
Ada 3 hal,yaitu:
1.Mengidentifikasi resiko
2.Mengambil resiko
3.Prosedur menganalisa resiko
0 komentar:
Posting Komentar